Para Pencari Rumah Tuhan-2

8 September 2008 at 8:16 AM Tinggalkan komentar


PARA PENCARI RUMAH TUHAN-2

Harus kuakui, tulisan ini sebenarnya terinspirasi dari Sinetron berseri di Bulan Ramadhan tahun lalu yang berjudul “Para Pencari Tuhan” yang dibintangi oleh aktor kawakan Dedi Mizwar dan grup lawak Bajay (juara 2 lomba Akademi Pelawak TPI-1/API-1), juga ada pelawak dari grup PATRIO, yaitu Akri yang berperan sebagai seorang ustadz muda. Sebenarnya di Bulan Ramadhan tahun lalu sudah kutulis mengenai “Para Pencari Tuhan”, namun di Ramadhan kali ini aku tertarik kembali untuk menulis judul yang sama. Seperti halnya Sinetron “Para Pencari Tuhan” yang di bulan Ramadhan kali ini kembali hadir dengan mengusung judul “Para Pencari Tuhan-2”, maka tulisanku kali ini juga latah untuk mengikutinya.

Ramadhan kali ini sepertinya hampir sama dengan Ramadhan tahun lalu. Bedanya, kali ini penghuni kosanku sudah bertambah tiga orang, dan teman sekamarku kini juga sudah berubah (tidak seperti tahun lalu).

Fenomena yang hampir sama, kini kembali terulang di Ramadhan kali ini. Siapa lagi kalau bukan Para Pencari Rumah Tuhan. Ramadhan selalu rutin terjadi, terulang setiap tahun, begitu juga Para Pencari Rumah Tuhan akan selalu ada di Ciputat.

Kebiasaan masjid-masjid yang ada di sekitar Kampus UIN Jakarta setiap bulan Ramadhan adalah menyediakan makanan berbuka puasa. Sehingga tak pelak lagi, para mahasiswa UIN Jakarta yang kebanyakan adalah para perantau, pasti beramai-ramai mendatangi masjid terdekat dari kosannya untuk mendapatkan makanan buka puasa. Jangankan yang dekat dengan masjid yang dimaksud, yang jauh pun kadang rela dengan tulus ikhlas mendatangi masjid yang menyediakan makanan berbuka puasa.

Dulu, ketika pertama kali berada di Ciputat, ada istilah yang hingga kini masih kuingat, yaitu KFC. Jangan salah, masjid kampusku adalah penyedia makanan buka puasa terbesar di seantero Ciputat, karena jamaahnya memang banyak. Dan yang pasti, ketika waktu berbuka puas, masjid kampusku pasti membludak jamaahnya. Apalagi kalau bukan para jamaah itu mendatangi masjid kampusku tak lain salah satu motivasinya adalah untuk mendapatkan makanan berbuka puasa, yang kemudian populer disebut sebagai KFC.

Waw, begitu mewahnya masjid kampusku bisa dan biasa menyediakan makanan berbuka puasa yang siapa saji sekelas KFC. Tapi jangan salah, KFC yang satu ini tentunya berbeda dengan KFC yang kita kenal (KFC = Kentucky Fried Chicken). Lantas, KFC-nya itu apa? Ternyata KFC yang dimaksud adalah Kentucky Fathullah Chicken (nama masjid kampusku adalah Masjid Fathullah). Ya memang tak berlebihan, karena makanan berbuka puasa yang disediakan oleh Masjid Fathullah adalah Nasi dengan lauk ayam, yang dalam hal ini tentu bukan ayamnya Kentucky Fried Chicken, melainkan makanan berbuka puasa tersebut berasal dari sedekah para warga sekitar masjid Fathullah.

Para mahasiswa UIN Jakarta yang umumnya ngekos (bagi yang ngekos) adalah Para Pencari Rumah Tuhan. Tak peduli yang masih S1, ataupun yang sedang S2 dan S3. Mungkin hanya di Bulan Ramadhan lah para mahasiswa ini akan rajin mencari dan mendatangi masjid, sehingga waktu Maghrib menjadi begitu berarti. Di Bulan Ramadhan, tentunya pengeluaran para mahasiswa ini menjadi agak berkurang, karena makan malam sudah dapat lepas melalui buka puasa di masjid.

Begitulah Para Pencari Rumah Tuhan, yang akan selalu ada setiap Bulan Ramadhan di sekitar lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ternyata berbuka puasa di masjid bukan hanya didominasi oleh para mahasiswa, melainkan para penduduk sekitar masjid juga ambil bagian untuk merasakan berkah kebersamaan berbuka puasa di bulan yang penuh rahmat dan maghfirah ini. [Hanafi Mohan]

Ciputat, Sabtu – 6 September 2008 M / 6 Ramadhan 1429 H

Pukul 02.01 – 02.36 WIB

Iklan

Entry filed under: Catatan Lepas. Tags: , , .

Pulau Bangka di Dalam “Truk Uak Bedela” Sya’ban Gerbang Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Selamat Berkunjung

Selamat datang di:
Laman The Nafi's Story
https://thenafi.wordpress.com/

Silakan membaca apa yg ada di sini.
Jika ada yg berguna, silakan bawa pulang.
Yg mau copy-paste, jgn lupa mencantumkan "Hanafi Mohan" sebagai penulisnya & Link tulisan yg dimaksud.

Statistik

Blog Stats

  • 410,374 hits
September 2008
S S R K J S M
« Jul   Des »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Top Clicks

  • Tidak ada
Powered by  MyPagerank.Net
free counters
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

Twitter Updates


%d blogger menyukai ini: