Qubbat al-Shakhrah: Diilhami Al-Quran

5 Maret 2009 at 9:22 AM Tinggalkan komentar


Bangunan pertama Islam yang menyatakan keagungan seni Islam adalah Qubbat al-Shakhrâ’ (The Doom of the Rock) di Yerusalem. Ironisnya, sekarang Qubbat al-Shakhrâ’ menjadi simbol turisme Israel. Bangunan ini didirikan oleh Abdul Malik ibn Marwan sekitar abad ke-7 sampai ke-8 M, sedikit lebih awal dari Borobudur. Hingga saat ini, Qubbat al-Shakhrah masih merupakan simbol dari seni Islam yang termasuk paling dihargai. Banyak tafsiran mengenai alasan Abdul Malik ibn Marwan mendiri­kan Qubbat al-Shakhrah. Konon, itu adalah sebagai saingan terhadap Makkah (secara politik, dan bukan agama), karena pada waktu itu Makkah dikuasai oleh Abdullah ibn Zubair yang menentang Abdul Malik ibn Marwan. Abdul Malik ibn Marwan kemudian meng­hambat orang pergi ke Makkah karena dikhawatirkan akan berga­bung dengan musuhnya. Atas per­timbangan itulah ia kemudian membangun Qubbat al-Shakhrah untuk rakyatnya.

Para ulama berselisih pendapat mengenai Qubbat al-Shakhrah ini. Umat Islam mempercayainya sebagai tempat Nabi bertolak untuk Mikraj. Mula-mula Nabi Isra dari Makkah ke Yerusalem, kemudian Mikraj dari Yerusalem ke al-Sidrat al-Muntaha. Untuk memperingati pe­ristiwa itu didirikanlah Qubbat al-Shakhrah. Tetapi bangunan ini di­dirikan persis pada waktu Mak­kah dikuasai oleh Abdullah ibn Zubair. Ada interpretasi bahwa ini adalah saingan terhadap Mekkah, sehingga desainnya tidak berbentuk masjid melainkan tempat tawaf (thawâf). Jadi orang dianjurkan untuk tawaf mengelilingi batu suci itu (shakhrah). Sebagian ulama, mi­salnya Ibn Taymiyah, mengatakan bahwa perbuatan seperti itu (tawaf) adalah bidah. Ada yang menaf­sirkan lain, bahwa Qubbat al-Shakhrah didirikan sebagai saingan terhadap Gereja Kiamat atau Gereja Holy Sepulchre yang indah itu, yang dulu didirikan oleh Constantin. Maka, secara wilayah, sebetulnya Qubbat al-Shakhrah adalah monu­men kemenangan umat Islam terhadap Palestina dan Syria; sedang secara agama, itu berarti simbol keme­nangan terhadap Kristen dan Yahudi. Di sisi lain, Qubbat al-Shakhrah sebetulnya merupakan “Ka’bah” orang Yahudi, seperti the Holy of Holies di dalam Solomon Temple dulu, yaitu pusat yang paling suci dari seluruh konsep ke­sucian agama Yahudi. Maka, sam­pai sekarang, kaum Yahudi funda­men­talis ingin merobohkan tempat itu.

Terlepas dari motif-motif poli­tik, apakah sebagai saingan terhadap Abdullah ibn Zubair yang menguasai Makkah atau sebagai saingan terhadap Holy Sepulchre, ataupun sebagai peneguhan kemenangan, yang jelas bangunan ini menjadi sarana dari ekspresi seni Islam yang sangat indah. Pem­bangunannya sendiri sangat awal, yaitu pada abad ke-7 dan ke-8 M, yakni satu atau dua abad setelah Nabi. Ada kesejatian di situ. Arti­nya, tidak benar pendapat yang mengatakan bahwa Qubbat al-Shakhrah adalah pinjaman dari konsep kesenian Bizantium; tetapi ia adalah konsep keindahan (este­tik) dalam Islam yang diilhami oleh Al-Quran.

Sumber:
Sumber: Budhy Munawar-Rachman (editor), Ensiklopedi Nurcholish Madjid: Sketsa Pemikiran Islam di Kanvas Peradaban, diterbitkan oleh: Mizan, Paramadina, Center for Spirituality & Leadership, 2007/2008

Iklan

Entry filed under: Ensi Q - S. Tags: , .

Qadariyah-Jabariyah Tadrij

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Selamat Berkunjung

Selamat datang di:
Laman The Nafi's Story
https://thenafi.wordpress.com/

Silakan membaca apa yg ada di sini.
Jika ada yg berguna, silakan bawa pulang.
Yg mau copy-paste, jgn lupa mencantumkan "Hanafi Mohan" sebagai penulisnya & Link tulisan yg dimaksud.

Statistik

Blog Stats

  • 404,011 hits
Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Powered by  MyPagerank.Net
free counters
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

Twitter Updates


%d blogger menyukai ini: