Madina

16 Maret 2009 at 10:52 AM 2 komentar


Sejarah mencatat bahwa kota hijrah Nabi adalah sebuah lingkungan oase yang subur sekitar empat ratus kilometer sebelah utara Makkah. Kota itu dihuni orang-orang Arab pagan atau musyrik dari suku-suku utama Aws dan Khazraj, dan orang-orang Yahudi (berbahasa Arab) dari suku-suku utama Bani Nazhîr, Bani Qaynuqâ dan Bani Qurayzhah. Kota oase itu agaknya sudah berdiri sejak zaman kuna yang cukup jauh, dengan Yatsrib atau, menurut catatan ilmu bumi Potelemius, Yethroba sebagai namanya.

Yang sangat menarik perhatian dari sudut pemikiran politik ialah tindakan Nabi Saw. untuk mengganti nama kota itu menjadi Madinah. Tindakan Nabi itu bukanlah perkara kebetulan. Di baliknya terkadung makna yang luas dan mendalam, yang dalam kontrasnya terhadap pola kehidupan politik Jazirah Arabia dan sekitarnya adalah fundamental dan revolusioner. Secara peristilahan atau semantis, perkataan Arab “madînah” berarti kota. Pengertian itu tidak jauh dari asal makna kebahasaan atau etimologsinya, yang dapat ditelusuri kepada tiga suku kata akar Semitiknya, yaitu “d-y-n” (dâl-yâ-nûn), dengan makna dasar “patuh”, sebagaimana dinyatakan dalam tasrif dâna-yadînu. Dari situ pula kita dapat mengerti mengapa perkataan Arab untuk “agama” ialah dîn, suatu perkataan yang mengacu kepada ide tantang kepatuhan atau sikap patuh. Sebab sistem atau rangkaian ajaran yang disebut “agama” itu memang berintikan tuntutan untuk tunduk dan patuh kepada sesuatu yang dipandang mutlak dan diyakini sebagai asal dan tujuan hidup. Agama dalam pengertian generik ini bermacam-macam, yang benar dan yang palsu. Sebagian manusia menganut agama yang benar, sebagaian lagi tidak(Q., 9:29). Agama yang benar ialah yang mengajarkan sikap tunduk-patuh kepada Sang Maha Pencipta, Tuhan Yang Mahaesa. Sekali pun tekanannya sedikit berbeda, makna perkataan Arab “dîn” itu sama prinsipnya dengan makna perkataan Sanskerta “agama”. Sebab kalangan ahli mengatakan bahwa perkataan itu berasal dari rangkaian “a-gama” yang berarti “tidak kacau”, yakni, teratur atau berperaturan. (“Agama” dalam arti aturan atau hukum dalam Bahasa Jawa Kuna antara lain digunakan Empu Tantular untuk bukunya yang terkenal, Negara Kertagama).

Kembali ke perkataan “madînah” yang digunakan Nabi Saw., untuk menukar nama kota hijrah beliau itu. Di sini kita menangkapnya sebagai isyarat langsung, semacam proklamasi atau deklarasi, bahwa di tempat baru itu hendak diwujudkan suatu masyarakat teratur (atau berperaturan), sebagaimana mestinya sebuah masyarakat. Maka konsep madînah adalah pola kehidupan sosial yang sopan, yang ditegakkan atas dasar kewajiban dan kesadaran umum untuk patuh kepada peraturan atau hukum. Karena itu perkataan Arab untuk peradaban ialah madanîyah, yang memiliki dasar pengertian yang sama dengan beberapa istilah yang berasal dari akar-akar rumput bahasa Indo-Eropa seperti civic, civil, polis dan politiae (juga “polisi”). Semuanya merujuk kepada pola kehidupan teratur dalam lingkungan masyarakat yang disebut “kota” (city, polis). Dalam konteks Jazirah Arabia, konsep peradaban itu terkait erat dengan pola kehidupan menetap (tsaqâfah) di suatu tempat sehingga suatu pola hidup bermasyarakat tampak hadir (hadlârah) di tempat itu. Maka, masih dalam peristilahan Arab, tsaqâfah menjadi berarti “kebudayaan”, dan hadlârah ialah kebalikan dari badâwah yang mempunyai makna kebahasaan peristilahan “hidup berpindah-pindah” (nomadism) dan makna kebahasaan “(tingkat) permulaan” (bidâyah, alis “primitif”). Karena itu “orang kota” disebut ahl al-hadlar atau hadlarî dan “orang kampung” disebut ahl al-badâwah atau badâwî, juga badwî (badui). ***

Sumber:
Budhy Munawar-Rachman (editor), Ensiklopedi Nurcholish Madjid: Sketsa Pemikiran Islam di Kanvas Peradaban, diterbitkan oleh: Mizan, Paramadina, Center for Spirituality & Leadership, 2007/2008.

Iklan

Entry filed under: Ensi L - N, Ensiklopedi Cak Nur.

Rahmah dalam Injil dan Taurat Hikmah Maulid Nabi Muhammad

2 Komentar Add your own

  • 1. fauzi  |  17 Maret 2009 pukul 12:28 AM

    analisa yang sangat bagus dari Cak Nur … mampir yuk ke .. htttp://imamuna.wordpress.com

    Suka

  • 2. omyosa  |  17 Maret 2009 pukul 6:06 AM

    [INFO]HIDUP SEHAT ALAMI DGN MAKANAN BEBAS PENCEMARAN (Melilea GFO inside)

    TAHUKAH ANDA?? Apa yg masuk dalam tubuh manusia berdampak pada fungsi organ tubuh. Gaya hidup sehat organik mengatakan tubuh sakit karena gagal mengeluarkan racun atau toksin. Cara sehat alami adalah kembali kepada makanan bebas pencemaran. Silahkan baca terus utk tips hidup sehat alami, awet muda & umur panjang!

    – Sumber dari segala penyakit
    Kita semua pernah merasakan jatuh sakit. Menurut filsafat penyembuhan organik, dipercaya bahwa kesehatan kita dilawan oleh toksin-toksin. Hal ini seringkali terjadi sebagai akibat dari menumpuknya toksin-toksin di dalam tubuh kita. Toksin dapat berasal dari udara sekitar kita serta makanan yang kita makan yang mungkin berasal dari sumber-sumber yang telah terkena pencemaran.Makanan-makanan tersebut seringkali mengandung bahan pengawet, pewarna, perasa buatan dsb. Hewan ternak dan tumbuh-tumbuhan rentan terhadap penggunaan pupuk yang mengandung bahan kimia serta racun serangga.Ketika manusia memakan makanan dengan bahan-bahan kimia tersebut atau bernafas dalam unsur-unsur tersebut, secara bertahap toksin-toksin akan menumpuk pada sistim tubuh Anda dan dalam waktu singkat akan menyerang sel-sel tubuh dan sistem kekebalan tubuh.Dalam waktu tidak lama, racun-racun akan dapat menemukan jalan masuk kedalam saluran darah, menyerang sistim pencernaan (perut, isi perut, usus besar), sistem penyaringan (hati dan ginjal) dan sistim endokrin (kelenjar pituitary, kelenjar adrenal, kelenjar gondok), melemahkan badan Anda dan menyebabkan Anda sakit. Seperti contohnya, ketika seseorang mengalami susah buang air besar, sisa-sisa pembuangan yang tetap berada di tubuh Anda akan berpengaruh pada fungsi-fungsi sistem pencernaan, membahayakan kesehatan dan dapat menyebabkan sakit yang serius dalam jangka panjang.Para dokter percaya bahwa toksin-toksin yang terkumpul di dalam tubuh adalah penyebab utama datangnya penyakit bukannya kuman-kuman. Bakteri atau kuman hanya berdampak ketika terlalu banyak sisa-sisa pembuangan (toksin) didalam tubuh kita sehingga menyebabkan tubuh kita lemah dan daya tahan tubuh menurun.

    – Penyakit-penyakit kronis di zaman modern
    Bahaya makanan terhadap tubuh kita
    Diubah secara genetika (rekayasa genetika). contoh: Kacang kedelai, tomat, buah-buahan dll.
    Diberi formalin dan asam borak. Contoh: Ikan segar, ikan asin, tahu, mie.
    Pengawet, pewarna, perasa buatan. Contoh: minuman sirup, minuman dan makanan ringan, teh, beras.
    Antibiotik, hormon yang disuntik pada hewan. Contoh: ayam negri, daging sapi dll.
    Residu pestisida, ulat, kuman feces. Contoh: sayur-sayuran mentah, buah-buahan.
    Bisphenol A yang menganggu hormon. Contoh: botol plastik.

    Sistem kekebalan tubuh kita senantiasa diserang oleh:
    Antibiotik, sinar-x, kemoterapi, vaksinasi, alkohol & rokok, bahan kimia, pembedahan tidak perlu, gula & lemak, radiasi, asap kendaraan, stress, kosmetik dan makanan-makanan yang telah tercemar oleh berbagai bahan kimia.

    Penyakit-penyakit kronis di zaman modern:

    Tidak heran Zaman sekarang muncul berbagai macam penyakit yang pada tahun 70an sangat jarang di derita oleh manusia. Penyakit-penyakit seperti ini sering kita temukan diderita oleh salah satu rekan atau saudara atau bahkan diri sendiri. Semakin hari semakin banyak orang yang meninggal oleh karena sakit penyakit ini. Contoh: Kanker usus, Gondok, Diabetes Mellitus, Kanker paru-paru, Gagal ginjal, Kanker payudara, Penyakit getah bening, Ambein Dll.
    Salah satu faktor terbesar adalah makanan yang sudah tercemar dan kegagalan tubuh manusia untuk mengeluarkan racun/toksin yang ada dalam tubuh manusia.

    – Apakah itu kotoran tertahan ?

    Panjang sistem pencernaan manusia 6 kali tinggi badannya atau 10 meter, sangat panjang dan berliku-liku penempatannya, sehingga tidak mudah merawatnya. Umumnya kita makan 3x sehari, terkadang masih ditambah makan makanan ringan/snacks. Buang air besar (BAB) 1 x sehari, bahkan banyak orang BAB 2 hari atau 3 hari sekali, sehingga banyak sisa makanan yang tersisa dalam usus, menumpuk hari ke hari, bulan ke bulan bahkan puluhan tahun tidak terbuang. Sisa makanan tersebut mengeras dan menempel pada dinding usus yang telah berubah menjadi toksin/racun. Keadaan ini akan menjadi pemicu seseorang menderita kolesterol, rematik, wasir, gondok, asam urat, sakit jantung, lumpuh/stroke, alergi, berjerawat, lupus, kanker, tumor dll. Racun tsb dari hari ke hari menebal di usus kita yang membuat perut menjadi buncit/besar dan kotoran yang dikeluarkan semakin hari semakin kecil diameternya, karena toksin sudah menempel dan mengeras pada dinding usus. Sangat berbeda dengan bayi/anak2 di mana kotoran mereka masih besar karena usus mereka masih bersih.

    Suatu penyelidikan oleh sekelompok pakar Jepang menyimpulkan bahwa jumlah kotoran tertahan yang berada di dalam tubuh seseorang yang sehat rata-rata seberat 3 sampai 5 kg. Kotoran yang tertahan yang melekat pada dinding usus dapat diserap oleh lapisan mukosa dan akhirnya akan mengalir ke hati, dan selanjutnya dapat mengakibatkan:
    – Menghambat proses detoksifikasi
    – Memperlambat proses metabolisme
    – Keracunan dalam tubuh

    Survei menunjukkan, 90% penyakit yang diderita manusia saat ini bermula dari usus besar (kolon), karena efek timbunan racun (toksin). Ditambah dengan pola makanan jaman sekarang yang sudah tercemar dengan berbagai zat-zat yang membahayakan tubuh manusia.

    – Sakit adalah akibat kegagalan tubuh manusia menyingkirkan bahan buangan

    3 pertahanan detoksifikasi dalam penyembuhan alami
    Garis pertahanan pertama : Sistem pencernaan
    Garis pertahanan kedua : Sistem penyaringan – Hati, Rahim, Kulit, Ginjal
    Garis pertahanan ketiga : Sistem endokrin – Kelenjar Tiroid, Pituitari, Timus, Pankreas dll

    Sakit adalah akibat kegagalan tubuh manusia menyingkirkan bahan buangan, lendir/mucus, serta toksin yang menghalangi fungsi-fungsi normal tubuh manusia.

    Toksin bukan saja menghancurkan fungsi-fungsi pencernaan kita yang normal, tetapi itu juga dapat mengikuti peredaran darah ke berbagai bagian organ tubuh kita, lalu merusak system sirkulasi (pembuluh-pembuluh darah), organ-organ penyaring (hati dan ginjal), dan organ-organ pengeluaran/ekskresi (sistem, gastrousus)

    – Faktor-faktor penting untuk kesehatan dan panjang umur

    – Hidup harmonis dengan alam
    – Banyak minum air
    – Dapatkan cukup cahaya matahari dan udara segar
    – Berolahraga
    – Menjaga sikap dan emosi untuk mengurangi stress
    – Hindari rokok, minuman keras dan obat-obatan terlarang
    – Pilih makanan bebas pencemaran (organik)

    – Melilea Greenfield Organik makanan lengkap bebas pencemaran

    Dirumuskan oleh peneliti dan ahli organic terkenal, Dr. Henry Chang bapak dari teori organic.
    Makanan lengkap yang paling menyerupai susu ibu masa kini. Tanpa garam, gula, penstabil, pengawet, kanji, lemak, perasa dan pewarna tiruan.
    Memadukan 3 keampuhan terunggul di dunia:
    -Fungsi makanan organik
    -Fungsi Naturopati
    -Fungsi penyembuhan alami
    1. Fungsi makanan organic
    Bapak dari teori organic, Dr. Henry Chang, menyatakan bahwa makanan organic berarti semua jenis produk yang berasal dari pertanian yang bebas dari pupuk buatan, bahan kimia atau bahan tambahan mulai dari awal pemrosesan, dimana semua bahan berasal dari alam.
    Manfaat dari makanan organic termasuk: Mempertahankan dan meningkatkan keseimbangan ekologi.
    Mengurangi resiko kesehatan, karena makanan organik bebas dari bahan-bahan kimia. Bebas dari GMO (Genetically Modified Organism)/ rekayasa genetika. Bebas dari Bovine Spongiform Encephalopathy (BSE) atau penyakit sapi gila. Terbukti mengandung gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan makanan yang berasal
    dari pertanian biasa/ tradisional.Mengurangi resiko infeksi pathogenic seperti E.coli dan mycotoxin.

    Melilea Greenfield Organik makanan alamiDibuat lebih dari 28 jenis sayur-sayuran, buah-buahan dan biji-bijian yang dihancurkan menjadi serbuk di bawah suhu rendah tanpa kelembaban dengan teknologi tinggi. Sehingga kandungan zat-zat yang bermanfaat seperti vitamin, mineral, enzim, zat hijau daun (chlorophyl) maksimal, berbeda dengan sayuran atau bijian yang dimasak dengan air atau minyak panas sebagian besar dari kandungan zat-zat tersebut telah hilang. Karena berbentuk serbuk yang sudah hancur maka dengan mudah diserap oleh usus manusia dan telah dirumuskan untuk menjadi secara sempurna dengan tubuh kita.

    2. Fungsi Naturopati
    Kekuatan penyembuhan alami -Tubuh memiliki kemampuan untuk membentuk, mempertahankan serta memulihkan kesehatan. Menetapkan dan merawat penyebab – Penyebab penyakit harus ditemukan dan dimusnahkan sebelum seseorang dapat sembuh secara keseluruhan. Cara-cara yang digunakan harus dapat memusnahkan gejala-gejala bukan menekannya. Pencegahan merupakan obat terbaik – Mengutamakan pembentukan kesehatan bukan melawan penyakit. Naturopati beranggapan bahwa seseorang menjadi sakit disebabkan oleh penumpukan toksin-toksin. Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan, kita harus membuka diri kita terhadap proses penyembuhan alami.

    3. Fungsi penyembuhan alami
    Filsafat penyembuhan alami adalah dengan lingkungan yang tepat, tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Tenaga penyembuhan tersebut akan membentuk kemampuan penyembuhan diri sendiri kepada setiap orang. Namun kemampuan penyembuhan diri sendiri tesebut akan dapat bekerja secara maksimum apabila tekanan telah dihilangkan serta jiwa dan raga telah seimbang. Rumusan makanan khusus dapat memberikan keseimbangan atau membersihkan tubuh Anda dari bahan-bahan berbahaya yang melemahkan kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri, sekaligus memberikan gizi alami dalam bentuk paling mudah diserap. Untuk memberikan kondisi terbaik bagi tubuh kita, kita memerlukan makanan bukan obat. Penyembuhan alami merupakan cara yang paling alami menuju kehidupan yang sehat di masa depan, bebas dari obat.

    – Melilea Greenfield Organik lima bintang diproduksi oleh Greenfield USA Corporation

    Pertanian organic memerlukan ladang yang bebas polusi. Sebelum ditanami, tanah harus dikosongkan selama 2 – 7 tahun; tanpa pencemaran dalam radius 30 km dari ladang penanaman, serta pencegahan dari orang banyak dan dari mobil yang keluar masuk ladang penanaman (kecepatan mobil yang diperbolehkan hanya 8 km/jam). Pemakaian zat-zat racun dan zat-zat kimia pertanian dilarang sama sekali. Tahapan-tahapan berikutnya seperti menanam, menuai, memproses dan mengemas diawasi secara ketat untuk menghindari kontaminasi bahan-bahan kimia seperti pewarna dan perasa buatan, bahan pengawet dan penstabil, serta zat-zat tambahan lainnya. Semua hal ini menjadikan Greenfield Organik dianugerahkan penilaian lima bintang oleh “Organic United Nations Friendship Association (OUNFA)”Melilea Greenfield Organik telah dijamin halal oleh “Islamic Food and Nutrition Council of America (IFANCA)”.
    Melilea Greenfield Organik diproduksi oleh Greenfield USA Corporation
    Merupakan pabrik pembuatan yang telah terdaftar pada cabang departemen Jasa kesehatan, makanan dan obat-obatan, negara bagian California. Pendaftaran telah memenuhi persyaratan-persyaratan berdasarkan peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh “Federal Good Manufacturing Practise (GMP)”(Pelaksanaan Pembuatan Barang Pemerintah Pusat) untuk makanan. Telah diuji aman untuk dimakan oleh berbagai laboratorium penguji yang diakui secara internasional.

    – Melilea Greenfield Organik cocok untuk segala usia dan kondisi
    – Anak muda, remaja
    – Untuk kesehatan
    – Kelemahan umum – Kelemahan tubuh
    – Kanker – berbagai penyakit kronis/menahun
    – Kekurangan berat badan/kelebihan berat badan
    – Orang tua/lansia
    – Susah tidur
    – Sembelit
    – Wasir
    – Datang bulan tidak teratur, menopause
    – Penyakit lemah syaraf
    – Sebelum dan sesudah melahirkan
    – Sebelum dan sesudah operasi
    – Rematik, radang sendi, denyutan nadi
    – Noda-noda penuaan, bintik-bintik, jerawat
    – Sistem kekebalan tubuh lemah
    – Sakit lever, usus dan perut
    – Untuk anak-anak 4 bulan dan wanita hamil

    – Sehat alami – Cara minum Melilea Greenfield Organik

    Siapkan gelas besar yang bertutup. Masukkan air dingin/biasa 300cc, jangan air panas, masukkan 1 sendok GFO, tutup gelas dan kocok 10x (jangan diaduk). Segara minum karena akan mengental. Setelah 30 menit minum lagi 300cc air putih. Usahakan minum air putih sebanyak mungkin yang akan membantu melepaskan toksin yang menempel pada dinding usus dan akan segera dikeluarkan melalui BAB (biasanya tidak mulas/mencret sehingga tidak mengganggu bagi mereka yang bekerja dikantor). Mungkin keluar di hari ke 3, 7 atau bahkan hari ke 21 setelah minum GFO tergantung reaksi tubuh masing-masing.Untuk hasil maksimal perlu niat yang besar untuk berpuasa, tidak makan nasi selama 7 hari saja. Minum GFO 3x sampai 6x sehari, dimulai pada pagi hari perut kosong, siang hari dan sore/malam hari, jika lapar hanya makan apel tanpa kulit dan minum air putih sebanyak mungkin. Selama puasa tidak makan nasi tidak perlu kuatir akan lapar, karena kandungan GFO ada beras, gandum, jagung, wortel dll yang ditanam secara organic, sehingga akan terasa kenyang. Bagi penderita sakit maag akan terbantu/sembuh. GFO adalah makanan lengkap, ada kandungan karbohidrat, vitamin, mineral dll dengan

    – Toksin-toksin yang dikeluarkan dari dalam tubuh

    Toksin/racun yang keluar bersama BAB. Biasanya keluar bersama BAB pada hari ke 3 atau ke 7 setelah konsumsi Greenfield Organic.

    – Kesaksian-kesaksian

    Kesembuhan setelah minum Melilea Greenfield Organic. Stroke, Diabetes, jadi langsing, Glucoma, Gondok, lebih muda, turunkan berat badan.

    INFO SELENGKAPNYA SMS KE 021-91719495

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Selamat Berkunjung

Selamat datang di:
Laman The Nafi's Story
https://thenafi.wordpress.com/

Silakan membaca apa yg ada di sini.
Jika ada yg berguna, silakan bawa pulang.
Yg mau copy-paste, jgn lupa mencantumkan "Hanafi Mohan" sebagai penulisnya & Link tulisan yg dimaksud.

Statistik

Blog Stats

  • 415,081 hits
Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Powered by  MyPagerank.Net
free counters
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

Twitter Updates

  • "Waktu memang tak terkurung, melainkan ia bergerak sesuai dengan hukum sejarah. Walaupun ia tak lumpuh, tapi... fb.me/8OzEIo6eu 1 week ago
  • Di dalam kelas 4 Sekulah Dasar yang sunyi'-senyap, Cékgu Deraman dah ngasi' peringatan kepade muréd-muréd lam... fb.me/8LQHlLu5t 4 weeks ago
  • Nék Uwan : Cu'.., cammane carenye kalau nak nyekat (mblock) nomor talipon orang di Hénpon ni..? Cucu' : Entahlah... fb.me/1sIuT0YRw 1 month ago
  • Pembeli : Pak Mude, berape harge pisang ni sebuti'? (ceritenye ték nak mbeli Pisang Berangan) Penjual : Tige... fb.me/1eXHyTMdx 1 month ago
  • Anak : Yah, kamék nak betanya' ni. Ayah : Haaa, nak nanya' ape tu..? Ayah : Romah kite ni ade antu keee..?... fb.me/8RjltS0Md 1 month ago

%d blogger menyukai ini: