Kata Kunci di Hari Ini (1)

26 Oktober 2011 at 11:09 AM 3 komentar


1) Web / Website : Halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponen atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara, dan animasi, sehingga merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi.

2) Server : adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.

3) CMS : Content Management System (CMS) atau biasa juga disebut sistem manajemen dokumen adalah sebuah aplikasi komputer yang digunakan untuk mengatur proses alur dokumen, di antaranya membuat dokumen baru, mereview/koreksi dokumen, publikasi dokumen, hapus dokumen, cari dan urutkan dokumen, serta berbagai fungsi lainnya. Sistem CMS umumnya digunakan untuk menyimpan, mengontrol, memilah, dan mempublikasikan dokumen seperti artikel berita, petunjuk/manual, brosur marketing. Isi yang diatur dapat berupa file komputer, media gambar, suara, video, dokumen elektronik, maupun isi dari suatu website. Sistem CMS saat ini sudah sangat berkembang dan umum digunakan dari web skala kecil, menengah, hingga atas. Dari blog pribadi hingga situs portal sudah menggunakan CMS. Dengan adanya sistem CMS, seseorang dapat melakukan update website dengan mudah dan terstruktur. Jadi apabila anda tidak mengerti masalah teknis website seperti html, web design, dan programming, menggunakan CMS merupakan suatu solusi efektif dan tepat.

– CMS adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web.

4) FTP : Protokol transfer berkas (Bahasa inggris: File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standard untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.

5) Web Server : adalah software yang menjadi tulang belakang dari world wide web (www). Web Server menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Modzilla, dan program browser lainnya. Jika ada permintaan dari browser, maka web server akan memproses permintaan itu, kemudian memberikan hasil prosesnya berupa data yang diinginkan kembali ke browser.

6) Localhost : Localhost merupakan istilah dalam komputer jaringan yang berarti “komputer ini”. Localhost adalah nama standard yang diberikan sebagai alamat loopback network interface. Localhost selalu menerjemahkan loopback IP Address 127.0.0.1 dalam IPv4, atau ::1 dalam IPv6. Localhost digunakan untuk mengantarkan web browser pada HTTP server yang terinstall di komputer lokal. Alamat http://localhost akan menampilkan website lokal pada komputer yang bersangkutan.

Jadi, kita membuat komputer kita sebagai localserver, kemudian menghostingkan web kita di dalamnya (localhost) untuk dijadikan tempat membangun website sementara dan kemudian dihostingkan secara online ke internet. Dengan menjadikan komputer kita sebagai localserver, kita dapat bekerja secara offline tanpa harus takut menghadapi masalah biaya, waktu, dan kenyamanan.

7) Browser : Pengertian browser dalam dunia internet adalah software atau alat yang digunakan untuk menjelajahi internet. Pengertian browser tersebut sejalan dengan istilah “browse” dalam Bahasa Inggris yang artinya melihat-lihat atau membaca-baca. Arti browser oleh beberapa kalangan disamakan pula sebagai “perambah”. Beberapa browser cukup terkenal antara lain; Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Internet Explorer, Opera, Safari, dan beberapa yang lainnya.

*** Dikompilasi dari berbagai macam sumber.

– – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –
Hanafi Mohan
Ciputat, 25 – 26 Oktober 2011
– – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –

Sumber gambar: http://www.sbi-secureit.com/

Tulisan ini dimuat di: https://thenafi.wordpress.com/

Iklan

Entry filed under: Tentang Ini Itu. Tags: , , , , , .

Hijrah from Postgres to Oracle Kembali Mendedahkan Bahasa Kita

3 Komentar Add your own

  • 1. firdaus  |  1 November 2011 pukul 8:31 AM

    terima kasih……semoga tulisan ini menjadi bermamfaat bagi semua orang…sukses menjadi milik anda, jadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini.. salam…

    Suka

  • 2. yan  |  24 Desember 2011 pukul 4:02 PM

    kenapa anda menceritakan hal jelek tentang kampung anda. Kampung saya juga

    Suka

  • 3. yan  |  24 Desember 2011 pukul 4:10 PM

    apakah anda tidak bangga dgn tanah kelahiran anda sendiri? Saya tahu keluarga besar anda kebanyakan adalah org terpandang, apakah anda tidak bangga?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Selamat Berkunjung

Selamat datang di:
Laman The Nafi's Story
https://thenafi.wordpress.com/

Silakan membaca apa yg ada di sini.
Jika ada yg berguna, silakan bawa pulang.
Yg mau copy-paste, jgn lupa mencantumkan "Hanafi Mohan" sebagai penulisnya & Link tulisan yg dimaksud.

Statistik

Blog Stats

  • 410,374 hits
Oktober 2011
S S R K J S M
« Des   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Top Clicks

  • Tidak ada
Powered by  MyPagerank.Net
free counters
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
Counter Powered by  RedCounter

Twitter Updates


%d blogger menyukai ini: